Tuesday, April 24, 2012

PAUD di Cikarang Selatan

Cikarang Selatan adalah salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Bekasi, Propinsi Jawa Barat. Pemerintah Kabupaten Bekasi, melalui Dinas Pendidikan, melakukan pembinaan terhadap lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Bekasi. Untuk dapat melakukan pembinaaan, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, maka di setiap kecamatan dibentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) PAUD/SD. Salah satu tugasnya adalah membina lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini di setiap kecamatan, baik itu jalur formal maupun non-formal.

Dalam rangka pembinaan tersebut, UPTD PAUD/SD Kecamatan Cikarang selatan, satu bulan sekali  menggumpulkan seluruh PAUD jalur non-formal untuk diberikan pembekalan, baik itu dari segi administrasi maupun kompetensi lainnya. Tempat pertemuan adalah lembaga PAUD yang ada di kecamatan cikarang selatan. Pada bulan April 2012, tempat pertemuan diadakan di LPP Bina Bangsa, sebagai penyelenggara PAUD (KB/TK Alternatif) Tom Tom Lin.

Dalan pertemuan tersebut disampaikan oleh Penilik PNFI Kecamatan Cikarang Selatan , bahwa PAUD non-formal yang telah tercatat di UPTD Kecamatan Cikarang Selatan ada 36 (tiga puluh enam), baik berbentuk KoBer (Kelompok Bermain), TPA (Taman Penitipan Anak) maupun SPS (Satuan PAUD Sejenis). Nama Lembaga PAUD jalur non formal yang ada di Cikarang Selatan tersebut adalah sebagai berikut:
1       Tom Tom Lin, Mawar, Tunas Mekar VIII, Tunas Mekar XI, Tunas Mekar XIII, Alkasia I, Alkasia VII, Three Little Angels, Tunas Mekar I, Tunas Mekar II, Tunas Mekar IV, Tunas Mekar V, Alfath, Eklesia, Mawar VI, Al-Banniyah, Nurul Islam, Nusa INdah IV, Nusa Indah VIII, Nusa Indah IX, Kenanga, Sirojul Quro, Tiara Aksara, Al-Mukarromah N, Nusa Indah 99, Berdikari, Tanjung X, Tnajung XIII, Tanjung XXI, Nurul Ilmi, Mutiara Hati, Perintis, Melati, Villa 2, Rizmawannisa  
 
    Pada pertemuan ini, untuk membantu tugas Penilik PNFI Kecamatan Cikarang Selatan, dibentuk empat gugus. Satu gugus terdiri dari beberpa lembaga PAUD yang saling berdekatan secara geografis. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah koordinasi. Pada setiap gugus dibentuk ketua gugus. Tom Tom Lin masuk ke dalam gugus I, dan dipercaya sebagai ketua gugus, dengan anggota gugus sebagai berkut:
       Mawar, Tunas Mekar VIII, Tunas Mekar XI, Tunas Mekar XIII, Alkasia I, Alkasia VII.
      
      Sebagai ketua gugus lainnya adalah Three Little Angels, Nurul Islam dan Berdikari.

     Selain PAUD Non-Formal, seperti tersebut di atas, mulai tahun 2011, Penilik PNFI UPTD juga mendapat tugas membina PAUD jalur formal, yaitu Taman Kanak-Kanak. Data Taman Kanak-kanak yang terdaftar di dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi dan berada di wilayah kecamatan Cikarang Selatan dapat diperoleh di UPTD Kecamatan Cikarang Selatan.






h
s

1 comment:

  1. boleh tau alamat lengkap berada di mana?
    patokannya dimana ya, terimakasih
    Nurul

    ReplyDelete