Wednesday, April 11, 2012

Pembelajaran Tematik

Anak-anak yang sudah tamat belajar dari suatu lembaga PAUD kemudian melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya, yaitu se sekolah dasar (SD). Begitu masuk sekolah dasar, pada umumnya proses pembelajarannya langsung berubah total. Anak-anak yang biasanya belajar secara holistik, berubah dengan cara pembelajaran per mata pelajaran.
Umur berapakah anak-anak pada umumnya masuk SD? pada umumnya umur mereka barulah 6-7 tahun. Umur tersebut masih dalam rentang anak usia dini. Karena yang temasuk anak usia dini adalah anak dari usia 0 sampai dengan 8 tahun. Anak-anak usia dini masih belajar secara holistik. Maka metode pembelajaran yang paling tepat unutk anak SD kelas awal (kelas 1-3) adalah suatu metode belajar yang mengakomodir cara belajar mereka. Metode pembelajaran yang paling tepat untuk hal tersebut adalah metode pembelajaran tematik.
Apa itu pembelajaran tematik? Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Pola pembelajaran tematik adalah dengan membahas satu tema dalam satu proses kegiatan pembelajaran yang terdiri dari 3 kegiatan, yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Maka apabila suatu sekolah atau lembaga pendidikan akan melakukan pembelajaran tematik, dalam jadwal pelajaran tidak dicantumkan mata pelajaran yang akan dipelajari, tetapi mencantumkan tema apa yang akan dibahas pada suautu hari atau jam pelajaran berjalan.
Apakah anak-anak akan dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan Standar Isi tahun 2006? Dengan merancang suautu kegiatan dengan baik, maka mata pelajaran pokok, seperti Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dicapai dalam kegiatan Inti, sementara kompetensi dasar pelajaran lainnya, khususnya Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan serta Seni Budaya dan Ketrampilan dapat dicapai dalam kegiatan pembuka dan penutup.
Saat ini sudah banayk penerbit yang telahmenerbitkan buku pelajaran tematik untuk kelas SD awal. Jadi guru, sekolah atau lembaga pendidikan tidak perlu membuat atau menentukan tema apa yang akan dipelajari. Dari buku yang sudah ada bisa dimodifikasi untuk diterapkan sesuai dengan kondisi setempat. Tinggal suatu kemauan untuk mengubah suatu pola yang lama (konvensional) menjadi pola baru (tematik) untuk menjalankan proses pembelajaran yang sesuai dengan karakter dan cara belajar anak-anak.
Mengingat masih sedikitnya sekolah (kalau ada) yang sudah menerapkan metode pembelajaran ini, maka Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Bina Bangsa, melalui TalentSchool Homeschooling mulai tahun ajaran 2012/2013 membuka kelas SD awal dengan metode pembelajaran tematik. Kalau Anda ingin mengetahui tentang LPP Bina Bangsa silakan lihat di: http://www.facebook.com/pages/Bina-Bangsa/145590315464679?sk=info.

No comments:

Post a Comment