Monday, February 20, 2012

Circle Times

Kegiatan pembuka dan penutup dalam metode pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Times) adalah guru dan siswa duduk melingkar. (Circle Times). Ini menandakan bahwa guru dan anak adalah setara. Guru berfungsi sebagai fasilitator dan motivator. Anak-anak menjadi pusat pembelajaran. Ya anak-anak diberikan kesempatan dan dimotivasi supaya menjadi anak-anak yang aktif, kreatif dan berani mengungkapkan pendapat mereka. Dengan mengungkapkan pendapat tentu pengetahuan mereka bertambah dan percaya diri mereka meningkat. Kecerdasan bahasa mereka pun berkembang.
Sebagai pijakan sebelum main dan setelah main, circle times tentu merupakan hal yang sangat penting. Sebelum anak-anak bermain, tentu harus ada rencana permainan yang akan dilakukan serta menetukan aturan dalam bermain. Aturan bermain dibahas bersama-sama dengan anak. Ya anak anak tidak begitu saja menerima aturan main yang diberikan oleh guru, tetapi mereka diberikan hak suara untuk menentukan aturan main. Dengan demikian mereka sudah mulai belajar hidup dengan secara demokrasi, menerima perbedaan pendapat dan bermusyawarah. Apakah mereka sudah bisa? Selama kami menerapkan ini mereka mampu melakukan ini, dan semakin hari kemampuan mereka meningkat. Menerima perbedaan pendapat dan bermusyawarah memang harus dilatih sejak dini pula.
Setelah bermain anak-anak duduk melingkar kembali untuk mengingat kembali permainan yang mereka lakukan, maksud dan tujuan mereka melakukan permainan yang mereka pilih. Dengan melakukan ini ingatan mereka akan suatu hal yang mereka pelajari selama bermain akan semakin tajam.
Dengan metode ini seluruh kecerdasan anak, yaitu kecerdasan bahasa, diri, orang lain, logika matematika, tubuh, musik, alam dan spriritual akan berkembang. Dengan demikian mereka berkembang menjadi manusia yang utuh.

No comments:

Post a Comment