Monday, January 16, 2012

MENGAJARKAN MATEMATIKA


Matematika merupakan salah satu materi dasar yang harus dipelajari oleh seorang anak. Mengajarkan atau memperkenalkan matematika pada anak usia dini merupakan salah satu hal yang krusial. Mengapa? Karena apabila pada saat pertama belajar matematika menjadi suatu pengalaman yang tidak menyenangkan, hal ini akan mempengaruhi cara pikir dan perasaannya terhadap matematika. Selain itu tidak banyak para guru PAUD yang memiliki pengetahuan dan kemampuan matematika yang memadahi. Bahkan ada sebagian dari para guru PAUD phobia terhadap matematika. Begitu pula pada jenjang pendidikan selanjutnay, yaitu pada tingkat SD.
Karena kurang pengetahuna dan kemampuannya, banyak guru yang kemudian menjadi galak ataupun sering jengkel pada saat mengajarkan matematika. Hal ini memperparah keadaan, sehingga anak-anakpun menjadi tidak suka mempelajari matematika. Maka tidak mengherankan kalau kemampuan matematika sebagian besar anak Indonesia tidaklah bagus, meskipun mereka memiliki potensi yang bagus.
Sebenarnya sudah banyak para ahli matematika yang peduli terhadap pendidikan, khususnya pada bidang matematika yang telah bersedia membagikan ilmunya kepada para guru TK/SD, supaya matematika menjadi suatu pelajaran yang mengasyikkan. Salah satunya adalah Prof. Yohanes Surya yang mengembangakan matematika GASINGnya, yaitu matematika yang Gampang, Asyik dan Menyenangkan. Metode ini selain diperkenalkan kepada para guru juga kepada orang tua yang memiliki keinginan membantu anak-anaknya belajar matematika.
Tom Tom Lin sangat bersyukur bahwa semua Gurunya sudah mendapatkan kesempatan pelatihan mengajarkan metode GASING ini.

No comments:

Post a Comment